Assalamu’alaikum, rekan rodajaman. Proses pemutakhiran data NUPTK tahun
2013 secara online melalui layanan Padamu Negeri
http://padamu.kemdikbud.go.id sudah resmi dimulai, sejak tanggal 3 Juni
dan berakhir 30 September 2013, berdasarkan surat edaran BPSDMPK-PMP
(Baca surat edarannya
DISINI).
Untuk itu, kali ini saya coba berbagi tentang cara aktivasi akun login
sekolah. Aktivasi akun sekolah dilakukan oleh admin atau operator yang
ditunjuk oleh sekolah. Akun sekolah nantinya digunakan oleh operator
sekolah untuk proses pengisian dan update data PTK berbasis NUPTK, untuk
mengecek dan mencari data PTK berdasarkan formulir PTK, dan mencetak
lembar tanda bukti verval.
Surat Aktifasi Akun Login PADAMU NEGERI setiap sekolah dapat diambil ke
Admin Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing. Perlu dipahami dan
dimaklumi bahwa proses distribusi Surat Aktivasi Akun Login ke setiap
Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan ke seluruh sekolah masih berlangsung
selama bulan Juni 2013 sesuai kondisi wilayah masing-masing.
Petunjuk penggunaan aplikasi sudah tersedia di halaman SIAP Online.
Berikut ini petunjuk aktivasi akun sekolah yang telah dirilis. Sebelum
melakukan aktivasi akun sekolah, terlebih dahulu kita persiapkan data
yang diperlukan antara lain..
- Surat aktivasi akun sekolah (user ID dan Kode Aktivasi)
- Kata Sandi/Password
- Data Administrator = Nama, TTL,Jenis Kelamin,alamat dan Email Admin
- Data Sekolah = NPSN, Status sekolah, Nama Kepala Sekolah, Alamat
Sekolah : Desa, Kecamatan, nomor telepon, alamat email sekolah dan
Website sekolah (jika ada)
- Peta sekolah via Google Map
Kalau sudah menyiapkan data pendukung tersebut, berikut ini langkah
langkah melakukan aktivasi akun untuk login sekolah oleh operator
sekolah melalui layanan Padamu Negeri.
Pertama, buka http://padamu.kemdikbud.go.id, lalu pilih dan klik menu
Login, atau langsung buka http://padamu.siap.web.id/ maka akan menuju
halaman login Padamu Negeri, disana terdapat beberapa jenis login,
pilihlah Aktivasi Akun Sekolah, seperti gambar dibawah...
Maka akan masuk di halaman http://aktivasi.siap.web.id/padamu
Di halaman tersebut terdapat kotak untuk mengisikan User ID dan Kode
Aktivasi, masukkan Kode User_ID dan Kode_Aktivasi yang terdapat dalam
surat aktivasi akun yang diterima dari Dinas Pendidikan.
Setelah itu klik Login, jika berhasil maka akan masuk pada halaman
pengaturan akun pada halaman ini menetukan Username dan membuat Kata
Sandi/Password, masukkan juga alamat email untuk pemulihan akun.
Username dan Password ini yang akan digunakan untuk login di hari-hari
berikutnya. Lalu klik tombol lanjut..
Akan menuju menu Administrator, pada menu ini isilah dengan lengkap data
administrator atau operator sekolah berupa nama lengkap, jenis kelamin,
tempat dan tanggal lahir, alamat dan nomor telepon. Kalau sudah diisi
kemudian klik tombol Lanjut...
Akan masuk di halaman profil sekolah, isilah data sekolah dengan lengkap
seperti NPSN, status, nama kepala sekolah, alamat sekolah, nomor
kontak, email dan website. Lalu klik tombol lanjut...
Masuk di menu Lokasi, tentukan lokasi sekolah dengan mencari pada peta
seperti kita mencari tempat di google map. Lalu klik tombol lanjut...
Jika sudah melengkapi data-data tadi, maka akan masuk di halaman
konfirmasi, sebelum kita simpan data, cek kembali data yang sudah kita
isi sebelumnya, kalau sudah yakin benar maka klik tombol Simpan.
Demikianlah cara mengaktifkan akun login sekolah.
Jika
belum mendapat surat aktivasi mohon sabar menunggu ya..dan jika sudah
berhasil melakukan aktivasi akun sekolah, maka proses VerVal NUPTK 2013
sudah dapat dilaksanakan. Terimakasih, mohon maaf jika ada kesalahan.
SUMBER
Title : Inilah Cara Aktivasi Akun Login Sekolah Di Layanan Padamu Negeri
Description : Assalamu’alaikum, rekan rodajaman. Proses pemutakhiran data NUPTK tahun 2013 secara online melalui layanan Padamu Negeri http://pada...